Keunggulan Sistem Operasi iOS 8

By

Keunggulan Sistem Operasi iOS 8 - Sistem operasi iOS 8 telah resmi diperkenalkan oleh Apple pada perhelatan World Wide Developer Conference (WWDC) 2014 kemarin, tentunya sistem operasi terbaru ini hadir dengan performa dan kualitas yang lebih baik dengan sistem operasi pendahulunya. Lalu apa saja hal menarik dan terbaru yang terdapat pada iOS 8 ini?. Ada 8 kelebihan yang dimiliki oleh iOS 8, kedelapan kelebihan tersebut diantaranya adalah




Notifikasi Interaktif

Pada iOS 8 pengguna perangkat iPhone dan iPad kini tak perlu lagi membuka aplikasi untuk membalas pesan. Selain membalas pesan notifikasi pada iOS 8 ini juga memungkinkan anda untuk me-like sesuatu di Facebook atau menawar barang di eBay, semua ini langsung anda lakukan dari layar notifikasi tanpa harus bersusah- susah membuka berbagai aplikasi bersangkutan.

Keyboard

QuickType adalah fitur papan ketik yang hadir di iOS 8. Fitur papan ketik yang menampilkan kata secara otomatis di atas papan ketik tersebut. Meski belum semua bahasa di dukung oleh QuickType, meski begitu fitur ini tetap menjadi sebuah fitur menarik yang hadir berbarengan dengan iOS 8. Selain itu sangat menarik bahwa Apple membuka akses pengguna untuk memasang papan ketika pihak ketiga, ini ditujukan dengan menjalankan Swype pada iPhone.

Message

Apple banyak sekali menambahkan hal baru kedalam fitur Message. Mulai dari pesan Audio dan video, kemudian berbagi lokasi dengan teman, mengelola group message seperti yang terdapat pada WhatsApp dan Line, hingga pesan yang bersifat sementara atau langsung hilang setelah diterima seperti Snapchat.

Spotlight

Seperti pada OS X Yosemite, iOS 8 pun mengalami peningkatan pada fitur Spotlight atau Search. Pada iOS pencarian melalui Spotlight kini dapat mencakup aplikasi dan juga data yang terdapat di dalam perangkat. Dan juga akan mencakup film, lagu, dan aplikasi yang belum dimiliki oleh pengguna namun telah tersedia di iTunes, data dari internet dan juga data dari Maps.

Family Sharing

Fitur Family Sharing yang terdapat pada iOS 8 ini memungkinkan beberapa perangkat iOS terhubung bersama kedalam sebuah akun kartu kredit. Kepala keluarga pun disini dapat memiliki akses untuk memeriksa serta memberikan persetujuan untuk pembelian aplikasi dan In App Purchase yang dilakukan oleh anggota keluarga lain dengan kartu yang sama. Selain itu fitur ini pun memungkinkan anda berbagi jadwal, kalender, foto, lokasi serta data lainnya bersama keluarga anda meski dengan perangkat berbeda.

Siri

Kini SIri tak perlu lagi disentuh untuk mengaktifkannya, anda cukup mengatakan “ Hey Siri” dan fitur asisten pribadi ini akan secara otomatis menyala dan muncul di laya, hampir sama dengan “ OK, Glass” pada Google Glass. Siri pun kini dapat mengenali berbagai lagu yang sedang anda putar di latar belakang.

Health Kit

iOS 8 turut memperkenalkan sebuah fitur kesehatan dengan nama HealthKit. Aplikasi ini mengumpulkan data kesehatan pengguna, aplikasi ini sangat cocok sekali untuk para pengguna yang sangat memperhatikan factor kebugaran. Terdapat juga aksesoris tambahan seperti Nike + dan yang lainnya.

Photos

Aplikasi photos pada iOS 8 ini dapat disingkronisasikan dengan beberapa perangkat lain, selai itu perangkat lain pun dapat melakukan penyuntingan tanpa batas. Foto – foto ini nantinya akan disipan di akun iCloud yang tersedia gratis hingga kapasitas 5 GB.


Pihak Apple mengatakan jika iOS 8 ini hadir dengan Interface atau antarmuka pengguna yang lebih sederhana, lebih cepat dan lebih intuitif. Tersedia juga iCloud Photo Library untuk penyimpanan gambar multidevice, fitur Message untuk berbagi dokumen suara, video, ataupun dokumen lainnya. Apple juga menanamkan papan ketik QuickType versi baru, Family Sharing yang dapat digunakan untuk berbagi foto, kalender, hingga pembelian aplikasi bersama keluarga yang bisa disimpan di iCloud Drive yang dapat diakses jua di icloud.com melalui perangkat iMac, iPhone, iPad, dan bahkan perangkat berbasis Windows.

Apple juga meningkatkan keamanan bagi pengguna enterprise dan beberapa fitur tambahan untuk perusahaan. Fitur lain yang hadir bersama iOS 8 adalah perbaikan desain, peningkatan kemampuan Spotlight, hingga kemudahan untuk bekerja secara terintegrasi antara perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan iMac melalui Instant Hotspot dan kemampuan untuk melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masik serta membaca pesan singkat melalui iPad dan iMac.

Software iOS 8 Beta termasuk software pengembangan aplikasinya sudah dapat diunduh oleh developer sedangkan untuk para pengguna iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPod Touch generasi 5, iPad 2, iPad Retina, iPad Air, iPad Mini dan juga iPad Mini Retina sudah bisa memasang sistem operasi terbaru ini pada sekitaran bulan September mendatang.

Dari hasil perbandingan di berbagai aspek, ditemukan bahwa iOS memiliki empat hal yang tidak dimiliki Android. Berikut rinciannya:

1. Lebih Aman

Android dikategorikan sebagai sistem operasi cukup rentang terserang virus. Meski Google telah melakukan perlindungan, perangkat masih terkena serangan malware. Google Play menjadi salah satu celah rusaknya perangkat oleh malware. Meski sudah melakukan perlindungan pada aplikasi itu, ancaman virus lain bisa datang dari mana saja, termasuk dari jaringan WiFi. Tercatat ada 32.8 juta perangkat Android yang terinfeksi virus malware tahun lalu.

Sementara, sistem keamanan iOS lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.

2. Lebih Mudah

Menurut orang yang sudah mencicipi iOS, mereka merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekali pun, mempelajari kinerja iOS cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fungsinya.

3. Desain Menarik

Tampilan iOS didisan khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yang catchy dan penuh warna dipadukan dengan disain minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad. 
Selain tampilan, desain pada iPhone 5S misalnya, terasa ringan, sederhana dan modern di genggaman. Perpaduan antara metal dan kaca membuat ponsel ini lebih solid. iPhone 5S bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S4 sebagai ponsel tercepat dengan sistem operasi 64-bit A7 chipset terbaru.

4. Update Tidak Terbatas

Android akan melakukan pembaruan sistem operasinya dengan meluncurkan Kit Kat 4.4 dalam waktu dekat. Terdapat lebih 100 ribu perangkat Android, mulai dari ponsel dan tablet. Tapi sayangnya, tak semua perangkat Android bisa merasakannya. Hanya sekitar 1.5 persen perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru ini. 

Bagi pengguna iPhone, tidak ada diskriminasi dalam pembaruan sistem operasi iOS 7. Sejak diluncurkan September lalu, semua perangkat iOS bisa meng-update dan menjalankan sistem operasi ini. Memang sempat ada gangguan untuk pengguna iOS 6 untuk upgrade ini, tapi sejak 22 Oktober lalu, Apple kembali mengupdate iOS 7 menjadi iOS 7.0.3 dan belum ada laporan gangguan dari pengguna. 
Advertisement