Kumpulan Soal Tes Logika

By

Kumpulan Soal Tes Logika (IQ) - Jawablah tanpa berpikir lama, langsung jawab!

1.Pertanyaan pertama:Anda ikut berlomba. Anda menyalip orang di posisi nomor dua.
Sekarang posisi anda nomor berapa?

Jawaban: Jika anda menjawab Nomor Satu, anda SALAH BESAR! Jika anda menyalip orang nomor dua, sekarang andalah yang ada di posisi nomor dua!

2.Pertanyaan ke dua:
Ingat jangan banyak berpikir!
Jika anda menyalip orang di posisi terakhir, sekarang anda di posisi?

Jawaban: Jika anda menjawab anda orang kedua dari terakhir, anda SALAH LAGI! Coba, bagaimana caranya menyalip orang TERAKHIR?

3.Pertanyaan ke tiga:
Hitung-hitungan yang pelik!
Catatan: kerjakan di pikiran anda saja. JANGAN gunakan kertas atau pensil atau kalkulator. Cobalah.

Ambil 1000 dan tambahkan 40 padanya.
Sekarang tambahkan 1000 lagi.
Sekarang tambahkan 30 . !
Tambahkan 1000 lagi .
Sekarang tambahkan 20.
Sekarang tambahkan 1000
Sekarang tambahkan 10. Berapa totalnya?

Apakah jawaban anda 5000 ?
Jawaban: yang benar adalah: 4100.

4.Pertanyaan keempat:
Ayah Mary punya lima anak:
1. Nana,
2. Nene,
3. Nini,
4. Nono.
Siapa nama anak kelima?

Jawaban: Apa anda menjawab Nunu?
BUKAN! Tentu saja bukan.
Anak kelima namanya Mary. Baca lagi pertanyaannya!

5.Pertanyaan ke lima:
SEORANG bisu pergi ke toko dan ingin membeli sikat gigi. Dengan menirukan orang menggosok gigi, ia berhasil menyampaikan keinginannya pada penjaga toko dan ia berhasil membeli sikat gigi...
Berikutnya, seorang buta masuk ke toko itu dan ingin membeli kacamata hitam, bagaimana DIA menunjukkan keinginannya?

Jawaban: Langsung aja ngomong, dia kan gak bisu...





Mana yang lebih berat batu=1kg atau kapas=1kg.... ?Trus mana yang sakit kalo, batu= 1 kg ,atau kapas= 4 kg dilempar kekepala ....?
Answer: batu

Ayam hutan,Ayam kampung,Ayam potong,Ayam goreng.... Trus pertanyaannya.. Ayam apa yang dicari orang-orang?"
Answer: ayam kampus

Bagaimana membagi satu buah kue tart menjadi 8 potong hanya dengan 3 kali memotong?
Answer:Dua kali potong secara horizontal, satu kali potong secara vertikal

Bagaimana membagi 5 buah apel di dalam keranjang secara adil sehingga setiap anak mendapatkan 1 apel dan tersisa 1 apel di dalam keranjang?
Answer:4 anak mendapatkan masing-masing 1 apel, dan anak kelima mendapat 1 keranjang berisi 1 apel

Berapa banyak tanah di dalam sebuah lubang di tanah yang panjangnya 25 m, lebarnya 6 m, dan dalamnya 2 m?
Answer:Tidak ada tanah di dalam LUBANG. Lubang adalah suatu tempat di mana tidak terisi tanah di sana.

Apakah 0,99999… (jumlah 9 tidak terhingga) lebih kecil dari 1?
Answer:Tidak0,99999… = 1. 1/3 = 0,33333… 1/3 x 3 = 1 0,33333… x 3 = 0,99999… Jadi, 0,9999… = 1

Suatu saat, seorang anak merayakan ulang tahunnya. Dua hari kemudian, saudara kembarnya yang lebih tua yang merayakan ulang tahunnya. Bagaimana hal ini mungkin terjadi?
Answer:Saudara kembar anak tersebut, yang lebih tua, lahir di atas kapal pada pagi-pagi sekali pada tanggal 1 Maret. Lalu, kapal tersebut melewati “International Date Line”, dan anak tersebut lahir pada tanggal 28 Februari. Pada tahun kabisat, si anak yang lebih muda akan merayakan ulang tahun dua hari sebelum kakak kembarnya berulang tahun.

kamu memasukkan koin ke dalam botol,lalu kamu menutup botol dengan gabus.Bagaimana cara supaya koin keluar tanpa menarik gabus tersebut atau memecahkan botol tersebut?
Answer : dorong gabus, lalu balikkan botol dan keluarkan koin

Adalah dua kakak beradik yang jumlah umurnya 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Berapakah umur mereka masing-masing?
Answer :Sang kakak berumur 10 tahun 6 bulan, dan sang adik berumur 6 bulan

Tanpa menggunakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, susunlah 6 angka 9 sehingga mempunyai nilai 100
Answer : 99 + 99/99

Dapatkah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya bernilai lebih besar dari pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya?
Answer :Dapat.Contoh: (-1)/3 > 2/(-3)

Mana yang lebih berat, 50 kg kapuk atau 50 kg baja?
Answer :sama berat

Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100?
Answer 20 kali

Mana yang lebih besar, 18 persen dari 81 atau 81 persen dari 18?
Answer : Sama besar Gan...
18 persen dari 81 = (18/100) * 81 = (81/100) * 18 = 81 persen dari 1

Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?
Answer : 1 menit,rebus semuanya

orang sakit mengatakan dirinya sedang sakit,tetapi hampir tidak semua orang sehat mengatakan dirinya sehat.jadi orang yang mengatakan dirinya sehat adalah?
Answer : orang yang baru sembuh dari sakit

Bumi itu bundar, jika 1+1 = 0 , 6+6 = 2 , 8+1 = 2 dan 1+5+9 = 1 maka 1+2+6+8+9+10 = ?

Answer : 5,karena ada 5 bulatan

Jika, 5+3+6 = 153040 , 2+6+8 = 121622 , 4+7+8 = 283256 , maka 7+7+7 = ?

Negasi dari pernyataan "tidak ada bilangan prima yang lebih dari 2 yang genap" adalah... 

Answer : Beberapa bilangan prima lebih dari 2 adalah genap

Bila Seorang bankir,memiliki anak 3 jhony,sita,karina,dan memiliki istri bernama kirana. jadi siapakah nama bankir itu ?

Answer : bila

Usia seorang ibu 21 tahun lebih tua dari anaknya ,enam tahun kemudian umur si ibu menjadi 5 kali lipat anaknya...

yang dipertanyakan adalah...

DIMANAKAH BAPAKNYA SAAT ITU BERADA...???
Answer : Lagi mau bikin

Aku sering gunting kuku tangan tp hanya sebelah tangan,trus jari2 kiriku lebih lentur daripada jari dtngn kanan #SiapakahAku? #SolveThisGame
Answer: pemain gitar

mataku agak berkantung,badanku tegap, aku ramah kepada tamu,tapi kadang aku galak,
Answer : satpam

Aku sering pake kemeja,rapi, baju rapi, rambut rapi,bicaranya formal,bawa-bawa tas, sering bolak-balik antar perusahaan.
Answer : orang ngelamar kerja

kelihatan pake jaket kulit,kantong celanyanya tebal,adanya di suatu lokasi khusus,anda biasanya tahu kemana harus mencari orang ini.
Answer: ojek, preman

dia biasanya siang/menjelang sore sudah tidak kerja lagi,kadang pekerjaanya di bawa pulang,ada beberapa yang jam-jam tertentu suka ada janji rutin, ia dapet tambahan dari janji itu
Answer guru privat


10 - 1 = 3
9 - 2 = 5
8 - 3 = 3
7 - 4 = 0
6 - 5 = ....
Answer: 0

Sepasang suami istri punya 4 anak perempuan & setiap anak perempuan mempunya 1 orang saudara laki laki, berpa anggota keluarga itu?
Answer: 7(ayah,ibu,4anak perempuan dan 1 laki laki

Apa yang sebenernya kepunyaan kamu, tapi lebih sering dipakai orang lain
Answer: namamu

Seseorang mengenalkan kepadamu, kakak perempuan iparnya suaminya adik perempuan satu satunya ibumu, siapa dia?
Answer :ibumu

1=4 , 2=3 , 3=4 , 5=4 , berapakah 12 dan 15?
Answer : 8 dan 9

Sebelum gunung everset ditemukan, gunung apa yang tertinggi di dunia?
Answer:tetap gunung everest, karena g.everest tetap yang tertinggi walau belum ditemukan

ada seorang pemuda ingin pergi ke RS,di tengah jalan ia bertemu rawa buaya,kalo dia memutar itu akan memakan waktu 3 jam.gimana caranya supaya bisa sampe dalam 1 jam kurang? 
Answer: lewat pinggir, kan rawa buayanya ditengah

​​​​
*percakapan 2 ibui dan tukang bakso* ibu1:pertandingan futsal kemarin skornya berpa? Ibu2:harga satu biji bakso berapa?apa jawaban tukang bakso agar pertanyaan kedua ibu terjawab sekaligus
Answer;sribu

Gunakan 3 angka yang sama untuk dapat hasil 6.Boleh menggunakan operasi matematika semuanya (+, -, akar, pangkat, kali, bagi)*note: angka 1-9
Answer:( 1 + 1 + 1 ) ! = 6

2 + 2 + 2 = 6
3 * 3 - 3 = 6
akar kuadrat 4 + akar kuadrat 4 + akar kuadrat 4 = 6
5 + 5 / 5 = 6
6 * 6 / 6 = 6
7 - 7 / 7 = 6
akar kubik 8 + akar kubik 8 + akar kubik 8 = 6
( 9 + 9 ) / akar kuadrat 9 = 6


Ada empat angka sembilan 9, 9, 9, 9
Lakukan pola penghitungan agar menghasilkan nilai 100. Anda bisa mengupayakannya dengan (+),(-),(x),(:)
Asnwer:9/9+99

Bilangan 4 digit ABCD, dikalikan angka terakhirnya menjadi DCBA
ABCD x D = DCBA. Berapa kah ABCD?
Answer:1089 x 9 = 9801 

Ada jenis angka 3 digit, jika dibagi 6 atau 7 bersisa 1, jika dibagi 8 atau 11 bersisa 7, berapakah angka yang paling besar jenis angka tersebut.
Answer: 799


Soal Teka-teki Logika


1. Dalam suatu balapan motor, Jorge Lorenzo yang menjadi pembalap terdepan berhasil menyalip pembalap yang ada di posisi paling belakang. Posisi ke berapakah Jorge Lorenzo setelah itu?

2. Bagaimana cara menyusun operasi matematika dengan angka 9 hingga menghasilkan angka 100?

3. Jika dibutuhkan waktu 10 menit untuk merebus 1 butir telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus 10 butir telur?

4. Ada seseorang yang berjalan di tepi pantai tanpa memecah air. Ketika ia menoleh ke belakang, ia tidak menemukan jejak kakinya. Mengapa?

5. Berapa kali muncul angka 8 pada bilangan bulat 1-100?

6. Lebih besar mana antara 56% dari 65 atau 65% dari 56?

7. Dalam sebuah keluarga, terdapat 3 anak perempuan yang masing-masing memiliki 1 adik laki-laki. Berapakah jumlah anak laki-laki dalam keluarga tersebut?

8. Ada dua kakak beradik yang apabila umur mereka dijumlahkan hasilnya 21 tahun dan selisih umur mereka 2 tahun. Berapakah umur mereka?

9. Sebutkan 3 buah bilangan yang apabila dijumlahkan hasilnya sama dengan hasil perkalian ketiga bilangan tersebut?

10. Mana yang lebih berat, kapas 100 kg atau besi 100 kg?

11. Jika ada 2 ekor unta yang satu menghadap ke barat dan yang satunya lagi menghadap ke timur, bagaimana cara agar kedua unta tersebut berhadapan tanpa harus menggerakkan kepala mereka?

12. Dalam lomba balap karung, Wawan yang berada di posisi ketiga, berhasil menyalip peserta yang ada di posisi kedua. Posisi berapakah Wawan setelah itu?

13. Apa huruf kelima dalam abjad?

14. Bagaimana cara menyusun penjumlahan bilangan yang terdiri dari angka 8 hingga menghasilkan angka 1.000?

15. Ada keranjang yang berisi 5 buah apel. Bagaimana cara membagi rata apel tersebut kepada 5 anak sementara harus ada 1 apel di dalam keranjang?

16. Berapa banyak volume tanah pada lubang di dalam lubang dengan panjang 3 meter, lebar 2 meter, dan kedalaman 1 meter?

17. Adi memiliki sebuah botol. Kemudian Adi memasukkan koin ke dalam botol tersebut. Setelah itu, Adi menyumbatnya dengan menggunakan gabus. Bagaimana caranya agar Adi bisa mengeluarkan koin yang ada di dalam botol tanpa harus menarik gabus penyumbat atau memecahkan botol tersebut?

Jawaban Teka-teki Logika


1. Posisi pertama.
Penjelasan: Kalau Jorge Lorenzo yang ada di posisi pertama menyalip pembalap yang ada di posisi paling belakang, berarti pembalap yang ada di posisi belakang tersebut ketinggalan satu lap dengan Jorge Lorenzo.

2. 9 x 9 + 9 + 9 + 9 : 9 = 100

3. Tetap 10 menit.
Penjelasan: tinggal rebus aja secara bersama-sama.

4. Karrena ia berjalan mundur.

5. 20 kali
8, 18, 28, 38, 48, 58, 68, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 98

6. Sama besar.
Penjelasan: 
56% x 65 = 65% x 56
56/100 x 65 = 65/100 x 56 => kedua ruas dikali 100
56 x 65 = 65 x 56

7. 1 orang
Penjelasan: adik laki-laki dari anak perempuan yang satu adalah adik laki-laki dari anak perempuan lainnya.

8. Umur kakak 11,5 tahun dan umur adik 9,5 tahun.

9. 1, 2, dan 3
Penjelasan: 1 + 2 + 3 = 6; 1 x 2 x 3 = 6 => 1 + 2 + 3 = 1 x 2 x 3

10. Sama berat, volumenya yang berbeda.

11. Kedua unta memang sudah saling berhadapan.

12. Posisi kedua.

13. huruf 'd'

14. 888 + 88 + 8 + 8 + 8 = 1.000

15. 1 anak diberi 1 buah apel bersama dengan keranjangnya.

16. Tidak ada, kan lubang.

17. Dorong gabus sampai masuk ke dalam botol, kemudian balik botol dan goyangkan botol sampai koin yang ada di dalam botol keluar.

Advertisement