Kata Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan

By

Kata Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan - Hidup tanpa agama memang akan membuat diri kita menjadi kacau, karena agama adalah tiang kehidupan di dunia ini. Seseorang yang tidak mempunyai agama pastinya tidak akan mempunyai pegangan hidup yang pasti, jadi tidak ada tempat baginya untuk berdoa dan beribadah. Sebagai umat muslim, kita juga harus memiliki sikap toleransi terhadap orang lain yang berbeda agama dengan kita. Jadi Islami mengajarkan kita untuk menghormati orang lain, apapun agamanya.

Dalam Islam pun kita diperintahkan untuk selalu berbuat bijak dalam kehidupan ini layaknya kata mutiara islami yang mampu mengunggah hati manusia untuk menuju jalan yang benar. Baik itu dalam perkataan maupun dalam perbuatannya. Bagi Anda yang tengah mengalami kegalauan hidup, atau sedang merasa sedih dan kesepian, semoga kumpulan kata islam dibawah ini bisa sedikit memberikan semangat penuh hikmah untuk Anda. Bagaimanapun juga, agama adalah tiang dalam kehidupan ini.




Apa arti kehidupan sebenarnya?, yaitu apapun yang kita lakukan.

Allah berfirman“…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath Thalaaq: 2-3)

"Cinta yang paling sejati adalah pertama kepada Allah, lalu para Rasulnya, orang tua, keluarga, dan semua orang yang ada di dunia ini."

"Man Jadda Wa Jada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti dia akan berhasil."

"Yang paling sempurna percaya dalam iman adalah orang yang karakter terbaik dan yang paling baik kepada istrinya."

"Jika Anda (benar-benar) mencintai Allāh maka ikutilah aku (yaitu: menerima Islam agama Tunggal, mengikuti Qur'an dan Sunnah), Allāh akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allāh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. " - (Ali Imran 3:31)

Menikahi wanita atau pria karena kecantikannya atau ketampanannya sama seperti membeli rumah karena lapisan catnya. Harta milik yang paling berharga bagi seorang pria di dunia ini adalah hati seorang wanita.

Mulailah sekarang, mulailah di mana kamu berada sekarang dengan apa adanya. Jangan pernah pikirkan kenapa kita memilih seseorang untuk dicintai, tapi sadarilah bahwa cintalah yang memilih kita untuk mencintainya.

Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan di mana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain.

Saudaramu adalah orang yang berkata benar kepadamu. Teman sejati adalah orang yang mengatakan apa adanya. Tidak menjilat, tidak mengada-ada.

Selemah-lemah manusia ialah orang yang tak mau mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yang menyia – yiakan sahabat yang telah dicari.

Rintihan hujan dalam wktu berkalut dengan malam, para pecinta bersenandung pnh dgn puisi kehidupan mencari kata arti sbuah kebahagiaan.

Terbayang satu wajah Penuh cinta penuh kasih Terbayang satu wajah Penuh dengan kehangatan Kau ibu Oh ibu.

Kami bekerja sehari-hari Untuk belanja rumah sendiri, walaupun hidup seribu tahun kalau tak sembahyang apa gunanya.

Wahai Rosulullah, Kau telah ajarkan hidup ini untuk saling mengasihi ku tanamkan dalam hati ku amalkan sejak dini Engkaulah nabi pembawa cinta Kau bimbing menuju cinta.

Tiada keutamaan seperti jihad dan tiada jihad seperti menentang hawa nafsu.

Ambillah nasihat baik dari orang yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya.

Silaturahmi dapat membersihkan amalan, memperbanyak harta, menghindarkan bala`, mempermudah hisab (di hari kiamat) dan menunda ajal tiba.

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi)

Ucapkanlah kepada orang lain kata-kata terbaik yang kalian senang jika mereka mengatakan itu kepadamu.

Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu. (Ali bin Abi Thalib).

“Janganlah malas dan suka marah, karena keduanya adalah kunci segala keburukan. Barang siapa yang malas, ia tidak akan dapat melaksanakan hak (orang lain), dan barang siapa yang suka marah, maka ia tidak akan sabar mengemban kebenaran”.

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.(Umar bin Khattab).

Orang yang paling menyesal di hari kiamat adalah orang yang berbicara keadilan dan ia sendiri tidak melaksanakannya.

“Seorang alim yang dapat dimanfaatkan ilmunya lebih utama dari tujuh puluh ribu ‘abid”.

“Jika mulut seseorang berkata jujur, maka perilakunya akan bersih, jika niatnya baik, maka rezekinya akan ditambah, dan jika ia berbuat baik kepada keluarganya, maka umurnya akan ditambah”.

"Alangkah mungkin orang yang tamak kepada dunia akan mendapatkannya di dunia. Akan tetapi, ketika ia mendapatkan seluruhnya, dunia itu akan menjadi bala` baginya dan ia menjadi sengsara karenanya. Dan alangkah mungkin seorang membenci urusan akhirat. Akan tetapi, ia dapat menggapainya kemudian dan ia hidup bahagia karenanya."

"Jika kita mendapat rejeki dari arah yang tak di sangka-sangka, jumlahnya tak diduga-duga. Itu tandanya Allah sudah mulai memperhatikan kita lebih dekat. Jika kita masih bisa duga, mungkin kedekatan kita dengan Allah masih biasa saja."

"Nafsu hanya akan memberikan kebahagiaan sesaat, tapi cinta yang tulus dan sejati akan memberikan kebahagiaan selamanya."

“Jika sore tiba, janganlah tunggu waktu pagi, jika pagi tiba, janganlah tunggu waktu sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum tiba masa sakitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum tiba ajalmu.” — Ibnu Umar, Putra Umar bin Khattab.

"Tiada makanan yang lebih baik daripada hasil usaha tangan sendiri." — (HR. Bukhari), Hadist

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)."

"Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla." — (HR. Ahmad), Hadist

"Di dunia ini tak ada yang mustahil. Percayalah, bahwa semua bisa dikalahkan kecuali Allah dan orang tua."

"Dunia yang kita pijak sekarang ni hanyalah tempat tinggal sementara. Oleh karena itu hendaklah kita senantiasa mengingatkan kepada diri kita masing-masing tujuan hidup kita di dunia ini."

Tiga manusia yang tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina adalah : Orang yang berilmu dan mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia dan imam yang adil.

Ramadhan adalah bulan yang penuh pengampunan, hadapilah segala cerca dan hinaan dengan senyuman yang ikhlas, sehingga setelah ramadhan nanti, hati kembali suci seperti bayi yang baru terlahir kembali.

Sebelas bulan kemarin  mungkin banyak kata kata yang tak mengenakan dari mulutku. Maafkanlah diriku, mari kita saling memaafkan di bulan yang penuh berkah ini, mohon maaf lahir dan batin, dan selamat menjalankan Ibadah Puasa, semoga semua ibadah kita diridhoi oleh Allah Swt.

"Tiga perkara yang bisa mengeruhkan kehidupan : penguasa yang zalim, tetangga yang buruk, dan perempuan pencarut. Dan tiga perkara yang tidak akan damai dunia ini tanpanya, yaitu keamanan, keadilan, dan kemakmuran."

Tidaklah dunia menjadi menjadi obsesi seseorang, melainkan menjadi melekat di hatinya terhadap empat perkara; kefakiran yang tak kenal kekayaan, keinginan yang tak pernah putus-putus, kesibukan yang tak pernah habis, dan angan-angan yang tak ada putusnya.

Kehidupan ini tidak menjanjikan kebahagiaan sepanjang masa. Kadangkala manusia diasak dengan perbagai dugaan dan ujian.

Saat kita takut akan sakitnya panas api, kenapa kita membiarkan bara api kemarahan dan kebencian menyakiti jiwa kita?

Orang muslim itu saudara bagi orang muslim lainnya. Dia tidak menzhaliminya dan tidak pula membiarkannya dizalimi.

Tujuan adalah kompas kehidupan, hidup tanpa tujuan umpama kapal tanpa nahkoda, hanyut di tengah lautan. Terombang-ambing dihantam arus dan gelombang kehidupan.

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun. Dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati. Agar kamu bersyukur.

Kekerasan, kekecewaan, kesedihan, hinaan, penderitaan, duka, perselingkuhan, namun dari semua itu ada sebuah harapan kehidupan untuk kebahagiaan percintaan.

Bila kita sukses, teman-teman pasti kenal siapa kita. Bila kita jatuh, kita baru akan mengenal siapa kawan kita sebenarnya.

Hidup adalah keyakinan dan perjuangan.

Hidup ini tidak diawali dari suatu teori kebetulan ala Darwinisme. Tapi kehidupan berawal dari penciptaan Allah SWT.

Ya Allah, jadikanlah aku penyabar dan bersabar dalam setiap cobaan kehidupan ini.

Marilah kita saling menerima dan memberi nasehat atas dasar iman. Dan jadikanlah semua itu dilakukan dengan hati terbuka, senang, dan ikhlas. Jangan sebaliknya, suka menasehati namun jarang mendengar nasehat orang lain.

Segala sesuatu memiliki makna, demikian juga kita harus memaknai tangga kehidupan kita sendiri.

Hidup itu bagaikan mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan kamu harus tetap melaju.

Dalam kehidupan, tidak ada yang abadi, karena untuk setiap “selamat datang”, akan selalu diakhiri dengan “selamat tinggal”.

Tidak akan masuk surga seseorang yang ada di dalam hatinya perasaan sombong walaupun sebesar zahra.

Kau berjalan menelusuri lapak kehidupan, tapak-tapak yang meninggalkan luka, luka hati sirna akan warna, warna hidup yang selalu tertapak. Dalam kesendirian dan kegelisahan, kegelisahan untuk mencari obat luka dari kehidupan.

Jika anda ingin mengetahui masa depan anda, perhatikanlah yang sedang anda kerjaakan sekarang. Apapun yang anda kerjakan dengan sungguh-sungguh hari ini adalah pembentuk keberhasilan anda di masa depan, terutama jika anda bijak memilih yang anda kerjakan hari ini.

Jika anda ingin maju memasuki kehidupan dengan harapan yang lebih besar, janganlah kerjakan apapun yang tidak memiliki ukuran besar di masa depan.

Kehidupan ini dipenuhi dengan seribu macam kemanisan tetapi untuk mencapainya perlu seribu macam pengorbanan.

Hidup itu indah, jikalau kita tahu cara menghargainya.

Indahnya kehidupan, setiap yang buruk, pasti ada yang cantik, setiap yang baik, pasti ada buruknya.

Keringat yang mengalir di medan latihan adalah penebus darah di medan pertempuran.

Berusaha hidup mandiri karena orang lain takkan selamanya ada.
Advertisement