Kata Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan

By

Kata Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan - Dalam islam, kehidupan seseorang yang tanpa/tidak mempunyai agama sering kehilangan arah tujuan hidupnya, karena agama adalah tiang kehidupan di dunia ini sekaligus petunjuk hidup seorang muslim. Seseorang yang tidak mempunyai agama ibaratnya tidak mempunyai pegangan hidup yang pasti, jadi tidak ada tempat baginya untuk berdoa beribadah dan memohon kepada yang maha kuasa. 

Sebagai umat islam, kita juga harus memiliki sikap toleransi terhadap orang lain yang berbeda agama dengan kita. Jadi Islami mengajarkan kita untuk menghormati orang lain, apapun agamanya. seperti dalam al-qur'an yang berbunyi " Bagiku agamaku dan bagimu agamamu".

Banyak orang yang ditimpa masalah, namun masalah tersebut seketika sirna setelah mengingat Allah dan membaca Al-Qur'an sekaligus mengamalkannya. Al-Qur'an adalah pedoman hidup yang sempurna bagi seluruh umat manusia, semua hal tentang aspek-aspek kehidupan ada dalam kitab suci agama Islam tersebut. Namun, dibalik diri kita yang tidak sempurna dan penuh khilaf ini memang melakukan segala hal secara baik terkadang sulit. 

Namun, jika terus berusahan dan berdoa Insya Allah pasti bisa. Dan dibawah ini telah saya rangkum Kata Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan yang mana bisa anda jadikan prinsip ataupun pegangan untuk mengarungi kehidupan yang indah ini dan bisa melalui semua cobaan yang menerpa kita tentunya.




Tiada keutamaan seperti jihad dan tiada jihad seperti menentang hawa nafsu.

Ambillah nasihat baik dari orang yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya.

Silaturahmi dapat membersihkan amalan, memperbanyak harta, menghindarkan bala`, mempermudah hisab (di hari kiamat) dan menunda ajal tiba.

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi)

Ucapkanlah kepada orang lain kata-kata terbaik yang kalian senang jika mereka mengatakan itu kepadamu.

Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu. (Ali bin Abi Thalib).

Janganlah malas dan suka marah, karena keduanya adalah kunci segala keburukan. Barang siapa yang malas, ia tidak akan dapat melaksanakan hak (orang lain), dan barang siapa yang suka marah, maka ia tidak akan sabar mengemban kebenaran.

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.(Umar bin Khattab).

Orang yang paling menyesal di hari kiamat adalah orang yang berbicara keadilan dan ia sendiri tidak melaksanakannya.

Seorang alim yang dapat dimanfaatkan ilmunya lebih utama dari tujuh puluh ribu ‘abid.

Jika mulut seseorang berkata jujur, maka perilakunya akan bersih, jika niatnya baik, maka rezekinya akan ditambah, dan jika ia berbuat baik kepada keluarganya, maka umurnya akan ditambah.

Alangkah mungkin orang yang tamak kepada dunia akan mendapatkannya di dunia. Akan tetapi, ketika ia mendapatkan seluruhnya, dunia itu akan menjadi bala` baginya dan ia menjadi sengsara karenanya. Dan alangkah mungkin seorang membenci urusan akhirat. Akan tetapi, ia dapat menggapainya kemudian dan ia hidup bahagia karenanya.

Jika kita mendapat rejeki dari arah yang tak di sangka-sangka, jumlahnya tak diduga-duga. Itu tandanya Allah sudah mulai memperhatikan kita lebih dekat. Jika kita masih bisa duga, mungkin kedekatan kita dengan Allah masih biasa saja.

Nafsu hanya akan memberikan kebahagiaan sesaat, tapi cinta yang tulus dan sejati akan memberikan kebahagiaan selamanya.

Jika sore tiba, janganlah tunggu waktu pagi, jika pagi tiba, janganlah tunggu waktu sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum tiba masa sakitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum tiba ajalmu. — Ibnu Umar, Putra Umar bin Khattab.

Tiada makanan yang lebih baik daripada hasil usaha tangan sendiri. — (HR. Bukhari), Hadist

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).

Dalam hidup ini, manusia biasanya lebih menghargai sesuatu yang sulit didapatkan tetapi seringkali melupakan nikmat yang telah disediakan.

Sungguh tidak diciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah kepada Allah SWT.

Cinta akan meminta segala yang engkau miliki dalam hidupmu.

Perjalanan dakwa tiada ujung. Kita bukan pemula, bukan pula penghujung, tetapi penyambung, maka jangan hentikan perjalanan itu. Teruslah berjalan.

Kesuksesan hidup lebih diukur dari rintangan yang berhasil diatasi seseorang saat berusaha untuk sukses daripada posisi yang telah diraihnya dalam kehidupan.

Orang yang bisa mengatasi keinginannya lebih berani daripada orang yang bisa menaklukkan musuhnya karena kemenangan yang paling sulit diraih adalah kemenangan atas diri sendiri.

Jika anda tidak dapat menemukan kedamaian dalam diri anda sendiri. Maka anda tidak akan pernah menemukan dimanapun juga.

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun. Dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya, tanpa harus kehilangan semangat.

Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang.

Hidup ini ibarat sedang bepergian di jalan, kalau tidak mengikuti aturan di jalan maka akan celaka.

Ketika hidup, jangan biarkan dirimu berada dalam kegelapan, karena dalam kegelapan bayanganpun akan meninggalkanmu.

Perubahan hidup akan menghasilkan kematangan.

Satu-satunya cara untuk lulus dari ujian hidup adalah menghadapinya.

Modal yang diperlukan untuk memulai suatu kemajuan adalah kemauan, keberanian, dan pengetahuan. 

Sedangkan kekuatan untuk mempertahankannya adalah kejujuran, komitmen, inovasi, dan kesabaran.

Hiasilah kehidupan ini dengan senyuman karena ia melambangkan kehidupan yang harmoni.

Kehidupan dunia ini tidak lain kecuali permainan dan hiburan, sedang kampung akhirat itulah hidup yang sebenarnya, anda manusia mengetahui hal itu.

Jika dierikan satu peluang, apa yang aku impikan akan aku pulihkan segala kesalahan dalam hidupku.

Kesabaran itu mungkin menyakitkan, tapi kesabaran akan menjadi kesempurnaan di masa depan.

Semakin kita terlalu berharap selain kepada Allah, maka bersiap-siaplah untuk kecewa.

Hari ini saya akan melakukan apa yang orang lain tidak akan lakukan, jadi besok saya dapat menyelesaikan apa yang orang lain tidak bisa lakukan.
Advertisement