Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

By

Ada banyak mata pelajaran menarik yang bisa kita pelajari di bangku sekolah dengan tingkat kesulitan yang bervariasi pula. Diantara banyak mata pelajaran yang bisa anda pelajari, bahasa inggris menjadi salah satu pelajaran menarik yang bisa anda pelajari di bangku sekolah baik itu mulai sekolah dasar, menengah, hingga saat anda menempuh pendidikan di perguruan tinggipun anda masih diharuskan mempelajari bahasa inggris. Pelajaran ini juga seringkali dikenal sebagai salah satu pelajaran yang sukar untuk dipahami oleh beberapa atau bahkan sebagian besar siswa Indonesia. Hal ini dikarenakan, bahasa ini sangatlah jarang digunakan dalam percakapan sehari hari. Hal ini tak jarang membuat siswa yang kesulitan seringkali mendapatkan hasil yang tak bagus dalam mempelajari bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris

Meski dikenal memiliki tingkat kesulitan yang sedang bahkan tinggi bagi sebagian besar siswa, bahasa inggirs tetaplah menjadi pelajaran wajib yang wajib dipelajari oleh siswa di Indonesia. Bahkan karena begitu wajibnya pelajaran ini membuat mata pelajaran bahasa inggris menjadi salah satu materi pokok yang diujikan dalam ujian nasional selain bahasa Indonesia serta matematika. Lalu, apa sebenarnya yang membuat pelajaran ini wajib untuk dipelajari hingga di berbagai jenjang pendidikan di negeri ini? Salah satu jawabannya adalah bahasa inggris dianggap sebagai bahasa internasional yang penting untuk dipelajari agar kita bisa mendapat wawasan yang luas mengingat bahasa ini dipergunakan sebagai bahasa pengantar global.

Hampir sama dengan pelajaran bahasa Indonesia, ada beberapa hal pokok yang diajarkan dalam pelajaran bahasa inggris diantaranya adalah

1. Grammar
Salah satu materi pokok yang diajarkan dalam bahasa inggris adalah grammar. Dalam bahasa Indonesia, grammar bisa diartikan sebagai gramatikal atau ketata bahasaan. Dalam hal ini, siswa akan diajarkan untuk mengenal bagian bagian yang menyusun sebuah kalimat. Berbeda dengan bahasa Indonesia, gramatikal atau ketata bahasaan bahasa inggris umumnya dipercaya lebih sulit mengingat ada aturan mengenai waktu yang bisa merubah gramatikal suatu kalimat. Kemampuan berubah gramatikal suatu kalimat tersebutlah yang kemudian membuat banyak siswa kesulitan untuk mempelajarinya. Bahkan tak jarang hal ini menjadi hal paling sulit untuk dipelajari dalam bahasa inggris.

2. Reading Comprehension
Selain ketata bahasaan atau gramatikal, hal lain yang juga menjadi pusat perhatian dalam mempelajari bahasa Inggris adalah reading comprehension atau kemampuan membaca siswa suatu naskah dalam bahasa Inggris. Sama halnya dalam bahasa Indonesia, membaca bahasa inggris juga ditujukan untuk membuat siswa mampu membaca suatu teks dalam bahasa Inggris agar lancer dalam pelafalan atau pronunciation-nya. Selain melatih kelancaran membaca siswa pada teks yang berbahasa Inggris, materi ini juga diajarkan suapaya siswa mampu untuk mengintepretasikan maksud serta tujuan suatu teks bacaan dalam bahasa Inggris. Hal ini penting agar ketika mendapati suatu teks atau tuiisan yang menggunakan bahas Inggris, siswa mampu memahami apa maksud dari tells tersebut.

3. Listening Comprehension

Hal penting lain yang tak kalah wajib untuk dipelajari para siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris adalah listening comprehension atau kemampuan untuk mendengar. Hal ini mungkin sangat jarang atau bahkan tak pernah kita dapati dalam mempelajari bahasa Indonesia. Listening atau kemampuan mendengar penting untuk dipelajari dalam pelajaran bahasa Inggris. Hal ini disebut sebagai salah satu hal penting karena siswa akan diajarkan untuk bisa memahami apa yang dikatakan oleh sesorang atau lawan bicara kita yang menggunakan bahasa Inggris.

4. Speaking
Menyambung kemampuan mendengarkan atau listening comprehension, kemampuan lain yang juga wajib serta penting untuk anda pelajari adalah kemampuan untuk berbicara atau speaking. Materi ini bahkan seringkali dipandang sebagai salah satu materi paling penting dalam bahasa Inggris karena kita dituntut untuk bisa menggunakan bahasa inggris tersebut dengan baik dan benar secara oral atau digunakan secara langsung dalam percakapan sehari hari.memiliki kemampuan berbicara atau speking yang baik juga akan menjadi nilai tambah bagi anda terutama jika nanti sudah terjun ke dalam dunia kerja. Jadi itulah tadi beberapa hal penting yang wajib anda pelajari dalam belajar bahasa inggris dan jika anda ingin mempelajari semua hal tersebut secara maksimal anda bisa mempelajarinya melalui www.mahirbahasainggris.com
Advertisement